Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tinggal di Provinsi Ini Bisa Buat Panjang Umur

lansia-doktersehat
photo credit : pexels.com

Lokasi tempat kita tinggal ternyata bisa membuat kondisi kesehatan dan mungkin bisa mendapatkan umur panjang. Jika tinggal di lingkungan yang kumuh yang penuh dengan polusi atau bahan kimia berbahaya, serta bisa menimbulkan stres, maka risiko untuk terkena penyakit kronis juga tinggi. Lantas, adakah tempat di Indonesia yang bisa membuat kita panjang umur?

Tinggal di Provinsi Bali, Masyarakatnya Rata-rata Berumur Panjang

Merujuk pada data dari Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) 2018 yang dikeluarkan oleh Badan Litbang Kesehatan dari Kemenkes RI pada 15 Juli 2019, diperoleh fakta bahwa masyarakat dari Provinsi Bali memiliki usia yang lebih panjang jika dibandingkan dengan masyarakat provinsi lainnya.

Sebagai informasi, semakin tinggi nilai IPKM sebuah daerah, maka akan semakin tinggi pula harapan hidup masyarakatnya. Bali menjadi peraih nilai IPKM tertinggi di Indonesia, sementara daerah yangmendapatkan nilai IPKM paling rendah adalah Papua .

Nilai IPKM diperoleh dari 30 indikator yang dinilai oleh para peneliti. Sebagai contoh, penelitian ini memperhitungkan faktor penyakit menular, pelayanan kesehatan, kondisi lingkungan, penyakit tidak menular, perilaku kesehatan masyarakat, dan faktor lain-lain.

Bali memiliki infrastruktur di bidang kesehatan yang terbilang cukup baik. Di sektor lingkungan, salah satu lokasi wisata paling indah di dunia ini juga termasuk sehat. Selain itu, cakupan imunisasi juga tergolong tinggi. Khusus untuk sektor lingkungan, Bali memang masih berada dalam kondisi yang baik dan sehat, airnya masih terjaga kebersihannya, dan sanitasinya juga cukup baik.

Di tingkat nasional, nilai IPKM Indonesia cenderung semakin meningkat. Pada tahun 2013 yang lalu, angkanya sekitar 0,5404. Pada tahun 2018, angkanya naik menjadi 0,6087. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi kesehatan masyarakat Indonesia semakin meningkat.

Tips Panjang Umur

Beberapa pakar kesehatan menyebutkan ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar bisa tetap sehat dan panjang umur.

Berikut adalah berbagai cara untuk memperolehnya.

  1. Hindari makanan tidak sehat

Apa yang kita konsumsi berdampak besar pada kondisi kesehatan kita secara keseluruhan. Sebagai contoh, jika kita menerapkan pola makan tidak sehat, seperti makanan tinggi kandungan lemak jahat, garam, gula, dan kolesterol, maka risiko untuk mengalami masalah kesehatan akan meningkat dengan signifikan. Selain itu, harapan hidupmu juga bisa berkurang hingga 10-50 persen!

Penyebabnya karena kemungkinan naiknya risiko kegemukan, penyakit kardiovaskular, dan diabetes akibat pola makan yang buruk.

  1. Konsumsi makanan sehat

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari makanan tidak sehat terutama memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan yang kaya akan nutrisi baik dan sehat yang bisa menjaga kondisi kesehatan dan mencegah timbulnya masalah kesehatan.

Selain itu, sebaiknya kita juga memperbanyak asupan kacang-kacangan yang bisa membantu mengurangi risiko peradangan, kanker, dan hipertensi.

  1. Berhenti merokok

Sudah bukan rahasia lagi jika asap rokok adalah salah satu penyebab timbulnya masalah kesehatan yang berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, gangguan pernapasan, dan lain-lain. Kebiasaan merokok bahkan bisa mengurangi usia kita hingga 10 tahun.

Jika kamu bisa berhenti merokok di usia 35, ini bisa membuat harapan hidup naik hingga 8,5 tahun.

  1. Rajin berolahraga

Banyak manfaat jika kita rajin berolahraga, sebab tak hanya akan membuat berat badan turun. Jika kalian melakukannya rutin setiap hari selama 15 menit saja, maka harapan hidup akan meningkat hingga 3 persen. Di sebabkan sirkulasi darah yang membaik dan berbagai sistem di dalam tubuh yang berjalan dengan semakin maksimal.

  1. Tidur cukup

Cobalah untuk tidur cukup setiap hari, minimal 7 hingga 8 jam setiap hari. Hal ini dipercaya bisa meningkatkan harapan hidup hingga 38 persen. Sebaliknya jika kita tidur kurang dari 6 jam setiap hari, maka akab berisiko terkena kematian dini bisa meningkat hingga 12 persen. 

Post a Comment for "Tinggal di Provinsi Ini Bisa Buat Panjang Umur"