Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisakah Orang Obesitas Bisa Hidup Sehat?

doktersehat-stomach-perut-kembung-gendut-diabetes-obesitas-sindrom-metabolik

Saat seseorang punya masalah obesitas atau berat badan berlebih, maka Ia akan berisiko lebih besar untuk terkena penyakit seperti diabetes, kanker, penyakit kardiovaskular, dan penyakit lainnya. Disebabkan alasan inilah para pakar kesehatan menyarankan penderita obesitas agar menurunkan berat badannya dengan cara melakukan diet yang tepat dan rutin berolahraga.

Salah satu penelitian yang dilakukan para pakar kesehatan dari York University, Toronto, menyatakan bahwa berolahraga ternyata bisa memberikan efek yang lebih besar dibandingkan dengan hanya menurunkan berat badan, yakni membuat tubuh mereka jauh lebih sehat. Fakta ini diperoleh setelah meneliti 853 pasien yang mengalami obesitas, baik itu dari level yang rendah maupun yang sudah parah.

Seorang penderita obesitas yang rutin berolahraga akan memiliki tekanan darah, glukosa, serta tligiserida yang lebih rendah jika dibandingkan dengan penderita obesitas yang jarang berolahraga. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Obesity ini, menyakatan hasil bahwa 41 persen penderita obesitas ringan yang rajin memakai/ menggunakan peralatan treadmill memiliki variabel metabolik yang jauh lebih baik. Hal ini menunjukkan bahwa, meskipun seseorang memiliki badan yang gemuk bahkan obesitas, namun mereka tetap bisa mendapatkan tubuh yang bugar, sehat, dan memiliki kondisi kardiovaskular yang lebih sehat.

Dengan rutin berolahraga 150 menit dalam seminggu atau kurang lebih 20 menit setiap hari bisa saja memberikan dampak berupa menurunnya berat badan hingga 1,5 kg. Hal ini ternyata bisa berpengaruh positif bagi kesehatan jantung.

Dr. Sean Warthon pakar yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa hasil penelitian ini sepertinya akan mengubah anggapan dan pola pikir banyak orang bahwa untuk mendapatkan badan yang sehat kita harus menurunkan berat badan. 

Asalkan kita rutin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat, tubuh pasti sudah berada dalam kondisi yang lebih baik kok meskipun berat badan masih belum ideal. Tentu berat badan ideal adalah bonus jika kita mengkombinasikan olahraga dan diet sehat.

Post a Comment for "Bisakah Orang Obesitas Bisa Hidup Sehat?"